SOSIALISASI SADAR WISATA DI KABUPATEN SAMOSIR-TOBA OLEH KEMENPAREKRAF RI

Keindahan alam dan lingkungan sekitar danau Toba di Sumatera Utara telah diakui oleh seluruh dunia, bahkan keberadaan adat istiadat suku Batak sebagai masyarakat asli yang mendiami seputar danau tersebut menjadi dayatarik pariwisata Indonesia sejak lama. Menyongsong bangkitnya pariwisata Indonesia pasca pendemi covid 19, diharapkan Danau Toba dapat menjadi destinasi pariwisata unggulan dalam mendatangkan wisatawan selain Bali. Dalam upaya pemerintah mewujudkan danau toba sebagai kawasan destinasi super prioritas yang dapat berdampak pada kesejahteraan seluruh masyarakat, diperlukan peningkatan secara sistemik dan produktif berbagai komponen pariwisata secara menyeluruh salah satunya sumber daya manusia.


Untuk menunjang program Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Sumber daya dan Kelembagaan mengadakan sosialisasi sadar wisata bersama masyarakat setempat. Kegiatan yang diadakan di delapan desa wisata berada di Kabupaten Samosir Propinsi Sumatera Utara ini, bertujuan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat setempat akan pentingnya manfaat pariwisata dalam peningkatan kesejahteraan mereka. Selain itu acara yang digelar secara serentak selama dua hari dari tanggal 19 sampai dengan 20 April 2022, mendapat perhatian langsung secara daring dari Menteri Pariwisata RI Bapak Sandiaga Uno dengan memberikan pesan akan pentingnya Inovasi, Kolaborasi, dan Adaptasi.


Ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini Plt Deputi Bidang Sumber daya dan Kelembagaan Bapak Frans Teguh yang juga menyampaikan pesan secara daring, yang mengatakan bahwa pembangunan Pariwisata harus bersifat berkelanjutan dengan memperhatikan keterlibatan masyarakat secara penuh dan berkesinambungan. Acara yang menitikberatkan pada peningkatan kapasitas masyarakat dalam hal Sapta Pesona, Pelayanan Prima dan CHSE ini,  diawasi ketat oleh Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Ibu Florida Pardosi, yang turut berkeliling ke delapan desa wisata tersebut untuk memberikan motivasi dan inspirasi secara langsung kepada masyarakat.



Van Galung.

Komentar