DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROPINSI PAPUA BARAT MEMACU LAHIRNYA KAMPUNG WISATA SOWI DI MANOKWARI


Kampung Sowi Pantai yang berada di Kabupaten Manokwari Propinsi Papua Barat memiliki potensi kampung tepi pantai dengan kuliner ikan segarnya, masyarakat kampung ini sangat menjaga kebersihan lingkungan. 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Papua Barat yang dalam hal ini di pimpin oleh Bapak Yuzak Wabiya, S.Sos., M.Si, memprioritaskan perkampungan nelayan tersebut untuk dijadikan Kampung Wisata berbasis Masyarakat. Mengingat akan potensi pariwisata dan letak perkampungan ini yang tidak jauh dari pusat kota Manokwari, yang saat ini menjadi ibukota propinsi Papua Barat. 

Kepedulian Kepala Dinas  mewujudkan lahirnya Pariwisata berbasis masyarakat ini terlihat jelas, karena selama dua hari beliau langsung turut mengawasi dan berkontribusi secara aktif selama berlangsungnya kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Sowi tersebut. 

Dalam pesanya beliau selalu mengingatkan akan pentingnya pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Propinsi Papua Barat, sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo bahwa pariwisata harus menjadi leading sectors pembangunan masyarakat di seluruh Indonesia, untuk mencapai kesejahteraan masyarakat seutuhnya sebagai dampak dari multiplier effect sektor Pariwisata. 

Bukti kerja keras seluruh jajaran pemerintah Propinsi Papua Barat ini sangat terlihat, dibawah komando Kepala Dinas Pariwisata melibatkan segenap komponen jajaranya dengan mengadakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, yang diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Agustus di Perkampungan Sowi Pantai. 

Sekretaris Dinas Pariwisata Bapak Drs. Rulland R. Sarwom M.Si bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut, beliau selalu memotivasi masyarakat agar harus memiliki kesadaran akan potensi pariwisata tanah Papua yang luar biasa, serta perlunya perubahan mindset & character untuk selalu menebarkan Cinta-Kasih masyarakat dalam meraih peluang manfaat Pariwisata, sesuai dengan moto Gubernur Papua Barat yaitu "Membangun dengan Hati mempersatukan dengan Kasih".

Acara yang diinisiasi oleh Kasie Pemberdayaan Masyarakat Ibu Rozene Patay, S.S ini mendapat animo yang luar biasa dari seluruh komponen masyarakat Kampung Sowi, yang ingin berubah dan mengambil manfaat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui Pariwisata. 

Acara yang mendatangkan dua orang narasumber, diantaranya Yohanes Labang kandidat Doktor ilmu lingkungan penggiat Bank Sampah yang juga berasal dari dinas KLH Kabupaten Manokwari. Husen Hutagalung seorang Antropolog dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan juga Founder Masyarakat Berkarakter Foundation dari Jakarta. Acara yang dijadwalkan selesai pukul 15.00 WIT ternyata bertambah, hal ini dikarenakan antusias masyarakat serta peran tanggung jawab kepala dinas yang siap menjawab berbagai pertanyaan masyarakat.




Penulis Berita: Husen Hutagalung




Komentar