FGD PENYUSUNAN PEDOMAN PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KOMUNITAS

Dalam rangka mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara, dan meningkatkan diversifikasi produk wisata budaya, khususnya wisata pedesaan. Asdep Wisata Budaya dibawah pimpinan Ibu Oneng Setya Harini, MM. Mengadakan kegiatan Focus Group Discussion penyusunan draft final Pedoman Pengembangan Desa Wisata berbasis komunitas.

Sebagai upaya mensinergikan secara produktif, agar kegiatan pemberdayaan masyarakat desa wisata dapat secara berkesinambungan, tepat pada sasaran, dan dapat diserap secara maksimal oleh masyarakat. Kegiatan ini melibatkan berbagai praktisi, pemerhati dan akademisi, dalam menanggapi perubahan paradigma pariwisata yang berkelanjutan, dan perkembangan teknologi informasi revolusi industri 4.0.

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 8-9 Maret 2019 di hotel Royal Darmo Yogyakarta, dipandu langsung oleh Ibu Dr. Vitria Ariani sebagai ketua team percepatan wisata pedesaan dan perkotaan Kementerian Pariwisata. Dengan harapan dapat dihasilkan sebuah buku panduan yang dapat diterima secara menyeluruh, khususnya masyarakat desa sebagai fokus pemberdayaan masyarakat berbasis desa wisata berkelanjutan.

Komentar