IBU GIRI ADNYANI SEBAGAI KEYNOTE SPEAKER DALAM INTERNATIONAL CONFERENCE CATEA 2019 DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI


Pariwisata merupakan salah satu aspek penting dalam hubungan Internasional, karena banyak negara menggunakannya untuk membuat peningkatan devisa, menciptakan perdamaian, memberikan kesempatan kerja, menyamakan pengembangan dan mempromosikan potensi masing-masing negara ke dunia internasional. Selain itu, perkembangan sektor pariwisata juga memiliki keterkaitan dengan perdagangan internasional (ekspor dan impor). Hal ini dibuktikan melalui berbagai studi yang pernah dilakukan di sejumlah negara dimana kedua sektor tersebut memiliki hubungan kausalitas yang positif.

Di sisi lain, Sustainable Tourism atau Pariwisata berkelanjutan semakin mengemuka dewasa ini, sejalan dengan idealisme pembangunan pariwisata yang semakin berpihak pada kesejahteraan masyarakat banyak. Selain maraknya issue sentral dalam setiap kajian ilmiah diberbagai institusi pendidikan seluruh dunia, juga karena semakin sadarnya masyarakat dunia akan pentingnya pembangunan pariwisata berwawasan sosial dan lingkungan.

Sekolah tinggi Pariwisata Trisakti dalam rangkaianya merayakan Dies Natalis ke 50, ikut serta mengangkat fenomena pembangunan Pariwisata berkelanjutan. Dengan mengadakan International Conference CATEA 2019, dengan tema Uniting Conservation, Community and Sustainable Tourism yang diselenggarakan di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 20 Juni 2019 ini dihadiri oleh 171 peserta 37 diantaranya berasal dari akademisi international seperti China, Korea, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, dan lain-lain. Acara yang dibuka oleh Ketua STP Trisakti Ibu Fetty Amaniati ini, dilanjutkan dengan paparan Keynote Speaker Ibu Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Pengembangan Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Indonesia, dengan materi yang di bawakan berjudul Sustainable Tourism Indonesia: concept, policy, strategy.

Turut hadir dalam Konfrensi Internasional ini adalah Bapak Djanadi Bimo Prakoso, Ketua umum yayasan Trisakti. Mrs Lin Na, Party Secretary, Guilin Tourism University, China. Roatlomang Kong, Representative of  Secretary General of ASEAN - China Center, China. Mr. Djauhari Oratmangun, Ambassador of the Republic of Indonesia to People’s Republic of China. Mr. Huang Xilian, Ambassador of the People’s Republic of China to ASEAN. Mr. Romeo Jr Abad Arca, ASEAN Head of Community Relations Division. Mr. Victor Wee, General Secretary, ASEAN Tourism Research Association (ATRA).




Penulis: Husen Hutagalung

Komentar